Rabu, 21 Agustus 2013

Asyiknya ke Mini Zoo Kijang


 Asyiknya ke Mini Zoo Kijang
 
KIJANG Kabupaten Bintan
- Terletak di jalan Tenggiri Kijang Kabupaten Bintan, Mini Zoo Kijang yang dibangun diatas luas tanah lebih 1 hektar ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Bintan. Mengapa demikian karena satu-satunya taman wisata yang sudah mulai dikenal banyak orang ini sontak menjadi lokasi wisata terbaru saat musim liburan tiba.


Berdindingkan pagar yang dibangun dari batako yang sengaja bermotifkan kekuning-kuningan sebagai khas Kabupaten Bintan, daerah wisata Mini Zoo ini menyimpan banyak hewan mamalia seperti Rusa, Beruang, Monyet, Kasuari, Orangutan, Burung merak, Burung nuri, Burung rangkok, Burung parkit, Burung kakak tua, Kalkun, Buaya, Ikan, Ular, Musang, Iguana, Kucing anggora, dan Buaya merupakan spesies hewan yang hadir di Mini Zoo saat ini.

Mini Zoo yang berada satu-satunya di wilayah Kabupaten Bintan ini merupakan taman yang memang sudah hadir sejak awal 2010 lalu. saat ini taman yang diawasi ketat oleh Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (KP2) Kabupaten Bintan ini tentunya akan terus dilestarikan Pemerintah Bintan hingga dikenal masyarakat internasional.

Kepada Tanjungpinang Pos, Pengawas Mini Zoo Kijang Kabupaten Bintan, Bah Chibeng mengatakan bahwa lokasi Mini Zoo ini memang terkesan kecil makanya pemda setempat menamai tempat tersebut dengan sebutan Mini Zoo Kijang. Keragaman hewannya juga masih terbilang minim.

Meskipun demikian, Bah Chibeng yang biasa disapa akrab rekannya sebayanya ini, menjelaskan pengunjung yang datang ke lokasi ini tentunya tidak sedikit. Biasanya saat musim liburan seperti sabtu dan minggu lokasi taman ini padat akan pengunjung yang menghabiskan masa liburan mereka untuk melihat keragaman hewan mamalia di Mini Zoo Kijang ini.

Tidak terkecuali pengunjung dari luar daerah pun sering menghabiskan masa liburan mereka ke tempat wisata ini. Sebut saja seperti pengunjung dari negara Malaysia dan Singapura.

Tentunya dengan pasilitas yang minim semangat Bah Chibeng dan kawan-kawan tidak akan hilang untuk melestarikan dan mennjaga hewan-hewan di Mini Zoo ini, Saat ditanya Tanjungpinang Pos mengenai hal-hal yang paling berkesan di taman ini sontak Bah Chibeng menjelaskan, "Saat melihat pengunjung antusias melihat hewan seperti Rusa dan Monyet,"ungkapnya kepada Tanjungpinang Pos

Kedua jenis spesies hewan ini merupakan hewan yang paling diunggulkan setelah burung merak dan beberapa ekor buaya. Dengan dibatasi dinding yang terbuat dari pagar besi sebanyak 27 ekor hewan Rusa ini tumbuh beranak terus menerus setiap tahunnya. Sebagai pengelola Mini Zoo Kijang juga Bah Chibeng berharap Pemkab Bintan sesegera mungkin memberikan lahan yang besar untuk hewan Rusa ini agar tetap terjaga lingkungan perkembangannya.

"Mini Zoo memamg menjadi kebanggan masyarakat Kijang saat ini, hampir setiap musim liburan ratusan pengunjung sering memadati lokasi wisata ini," Timpalnya

Jika Pemkab Bintan tidak mengalokasikan lahan untuk peerkembang biakan hewan mamalia ini, tentu dikhawatirkan akan mengacam kesehatan mereka. Letaknya yang tidak jauh dari danau taman kota juga merupakan iklim yang kurang sehat, karena iklim danau yang yang panas akibat cahaya matahari tentu kedepan akan mengancam setiap pertumbuhan hewan ini.

Nah bagi masyarakat sekitaran Tanjungpinang dan sekitarnya jika ingin melihat keragaman spesies mamalia tentunya tidak harus pergi jauh-jauh ketaman diluar daerah Tanjungpinang. Kini Mini Zoo Kijang yang terletak di Kabupaten Bintan. Ratusan jenis hewan tentunya dapat menghibur dan mengisi waktu luang mu.**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar